Puskesmas Gunung Kidul kekosongan vaksin polio

dinas kesehatan kabupaten gunung kidul, daerah istimewa yogyakarta memperketat penggunaan vaksin polio dan biasa diberikan kepada bayi umur 0 sampai 9 bulan sebab selama sederat puskesmas terjadi kekosongan.

kepala seksi surveilans dan imunisasi dinas kesehatan (dinkes) gunung kidul dwi fransetiyono dalam gunung kidul, kamis, mengatakan bila dibiarkan dengan terus menerus kelangkaan vaksin akan berdampak dalam banyaknya bayi dalam wilayah setempat rawan terkena polio.

kondisi kekosongan vaksin ini terjadi sejak awal tahun lalu. hal ini dikarenakan stok pada dinkes diy menipis, sehingga berimbas selama stok dalam beberapa puskesmas di gunung kidul terjadi kekosongan. kami belum mengetahui data pastinya, tutur dwi.

ia menyatakan kebutuhan vaksin polio pada gunung kidul perbulannya mencapai 4000 dosis. pengadaannya vaksin polio segera diselenggarakan dinkes diy. daerah hanya mampu mengajukan kebutuhan, tidak bisa menggarap pengadaan sendiri, ujarnya.

Informasi Lainnya:

dia menungkapkan, telah mengajukan kebutuhan ke diy, dan berharap pemakaian vaksin polio langsung tertangani. kami harapkan, minggu depan vaksin polio langsung dikirim dari dinkes diy, ujarnya.

kepala puskesmas i karangmojo heru istiadi menyampaikan stok vaksin polio pada puskesmas dan dipimpinnya telah mulai menipis dari awal tahun. stok vaksin ipp telah habis sejak minggu lalu, katanya.

sejak awal tahun dinkes gunung kidul, kata heru, telah menyerahkan rambu-rambu, kebutuhan vaksin polio. kebutuhan vaksin yang dimanfaatkan untuk mencegah penyakit polio ini harus sesuai dengan plafon yang sudah ditetapkan yakni antara 6 pihak hingga 10 pihak pasien.

setiap dosis bisa digunakan 6-10 pasien, maka harus ada pasien sederat itu lagi masih kami berikan vaksin. keuntungan ini dikarenakan vaksin yang telah dibuka tidak dapat pada manfaatkan terserah,ujarnya.

sementara tersebut salah Satu dokter dalam gunung kidul nuri cahyawati mengatakan vaksin polio amat berguna bagi perkembangan balita usia 0-9 bulan. kalau tidak divaksin polio ini, balita dapat terserang penyakit polio serta lumpuh layu. biasanya, seorang balita harus divaksin polio sebanyak tiga hingga empat kali, katanya.