Banjir Aceh Barat landa 322 desa

bupati aceh barat t alaidinsyah menyebutkan banjir melanda sebanyak 322 desa dan tersebar selama 12 kecamatan, tapi tidak banyak korban jiwa selama bencana itu.

sejauh ini tidak ada korban jiwa juga kami harapkan hujan tidak dulu menurun. kondisinya ketika ini telah darurat juga penduduk kita minta tetap berhati-hati, katanya di meulaboh, sabtu malam.

saat mengunjungi objek wisata pengungsian selama kecamatan johan pahlawan, bupati alaidinsyah menyatakan kawasan terparah dilanda banjir adalah woyla timur yang berjarak kurang lebih 50 kilometer arah utara meulaboh.

didampingi kepala bidang kedaruratan badan penanggulangan bencana daerah (bpbd) aceh barat dedek risman, ia menungkapkan seluruh tim siaga bencana telah siaga disejumlah lokasi serta mengevakuasi warga ketempat lebih tidak berbahaya.

Informasi Lainnya:

menurut alaidinsyah, biarpun tak ada korban jiwa, kerugian diperkirakan lumayan besar sebab ada empat unit properti penduduk dan penghubung rusak selama kecamatan pante ceureumen, dan woyla timur.

untuk kerugian masih selama pendataan. keuntungan yang detail saat ini ada padi petani dan sudah dalam panen hanyut akibat banjir, katanya menambahkan.

sementara tersebut dedek risman menambahkan, pihaknya mendirikan dapur publik selama desa pasie mesjid kecamatan johan pahlawan, akan tetapi agar kecamatan yang lain cuma dikirim logistik melalui perahu karet.

lebih 5.000 jiwa dan telah didata dibuat pengungsi dan mendapat jatah bantuan logistik.

warga woyla timur dan kecamatan lain tak ingin dievakuasi sebab tersebut kita hanya mengirimkan logistik karena disana mereka mengungsi di kawasan lebih tinggi dan sifatnya berpencar-pencar, katanya menambahkan.

samsuar, salah betul pengungsi korban banjir asal desa pasie masjid johan pahlawan mengaku desanya telah seringkali dilanda banjir.

seharusnya dibangun tebing dipingir sungai juga saluran air dibenahi, karena banjir disini disamping faktor hujan dan sungai meureubo tersebut paling mengancam, terlebih pemukiman kami gampat ditempuh melalui aliran sungai, ujarnya.

banjir juga mendorong terputusnya arus transportasi darat meulaboh-tutut sebab ketingian air dalam bada jalan hampir Salah satu meter.