Kominfo luncurkan layanan perizinan spektrum daring

kementerian komunikasi serta informatika membuat layanan perizinan spektrum secara daring (online) serta e-licensing.

layanan ini serta mampu menurunkan tingkat ketidakpastian (perizinan frekuensi radio) karena ada transparansi dan partisipasi penduduk, kata menteri komunikasi serta informatika tifatul sembiring pada jakarta, rabu.

tifatul menyatakan, pemohon perizinan spektrum dapat kenal dan menelusuri proses perizinan tergolong biaya lisensi serta pun pengusutan kalau terjadi penyelewengan perizinan dengan layanan sistem Informasi manajemen sumber daya juga perangkat pos dan informatika (sims) tersebut.

layanan ini memungkinkan pemohon izin agar mengajukan perizinan frekuensi radio ke ditjen sumber daya juga perangkat pos serta informatika (sdppi) tanpa harus bertemu melalui para petugas, kata direktur jenderal sdppi kominfo, budi setiawan.

Informasi Lainnya:

budi menyampaikan aplikasi sims berbasis komputasi awan itu mau mendukung peningkatan pendapatan negara bukan pajak (pnbp) dari uang hak penggunaan izin stasiun radio (bhp-isr) juga sertifikasi perangkat pos serta informatika, disamping memutus rantai birokrasi dan masa proses perizinan.

pnbp total kementerian komunikasi serta informatika selama kemarin mencapai lebih dari rp11,584 triliun melalui pnbp dari lisensi spektrum radio mencapai sekitar rp9,4 triliun. sistem daftar serta perizinan spektrum internet itu merupakan pengembangan dari sistem automated frequency management system (afms) generasi pertama juga generasi kedua.