25 rumah rusak berat akibat longsor di Bandung barat

badan nasional penanggulangan bencana (bnpb) mengungkapkan bahwa sederat wilayah di bandung barat mengalami bencana longsor sampai menyebabkan 23 rumah rusak berat.

hujan dengan intensitas tinggi telah mendorong longsor dalam tiga kecamatan, tutur kepala pusat data Informasi dan humas bnpb sutopo purwo nugroho di jakarta, selasa.

sutopo menyebutkan tiga kecamatan tersebut merupakan kecamatan gununghalu, kecamatan rongga juga kecamatan cipongkor kabupaten bandung barat.

kondisi permukiman yang berada di tebing perbukitan curam juga kondisi lereng berupa lahan pertanian semusim sudah mendorong wilayah tersebut mempunyai risiko longsor tinggi, katanya.

dia menyebutkan, tercatat 23 properti rusak berat, 97 rumah terancam longsor serta 87 jiwa mengungsi akibat longsor selama tiga kecamatan tersebut.

Informasi Lainnya:

sebagian warga masih mengungsi pada rumah kerabatnya dan lebih tidak berbahaya katanya.

dia menambahkan, melalui pemukiman yang dibangun pada perbukitan berlereng curam dan tutupan hutan amat sempit dan kondisi tanah dan tebal dan memiliki mata air selama bagian sedang ditambah batuan keras dalam bagian bawah lapisan tanah memperbesar resiko longsor.

untuk tersebut pemda perlu memfasilitasi teknologi konservasi tanah serta air kepada masyarakat agar risiko bencana bisa diminimalisir, katanya.

banyak koleksi teknologi sederhana supaya keluar dari longsor, tutur dia, menarik dengan fisik serta vegetatif yang disesuaikan kondisi setempat.