Iran-IAEA akan gelar pembicaraan pada 15 Mei

badan tenaga atom internasional (iaea) mengumumkan kiranya putaran kesepuluh pembahasan diantara iran juga iaea ingin diselenggarakan selama 15 mei pada wina.

iran serta iaea sudah bertemu dalam sembilan putaran pembahasan sejak akhir 2011. pertemuan terakhir mereka digelar di ibu kota iran, teheran, di pertengahan februari.

setelah babak kesembilan pembicaraan, deputi direktur jenderal iaea dan kepala departemen perlindungan herman neckaerts menyampaikan, kedua bagian tak mampu mencapai kesepakatan perihal modalitas akan tetapi iaea berkomitmen supaya meneruskan pembicaraan.

iran dan iaea telah membahas lebih daripada Satu tahun agar mencari modalitas untuk menunjukan apa iran harus menjawab pertanyaan iaea perihal isu kemungkinan dimensi militer (pmd) daripada web nuklir iran.

Informasi Lainnya:

amerika serikat, rezim israel serta beberapa sekutunya menuduh iran sudah salah mengejar tujuan non-sipil di program energi nuklirnya.

iran dengan tegas menolak tuduhan itu, melalui alasan bahwa sebagai komitmen penandatangan perjanjian non-proliferasi juga anggota iaea, dia berhak untuk membeli teknologi nuklir agar objek wisata damai.

selain tersebut, iaea telah melakukan semua inspeksi fasilitas nuklir iran, ternyata tak sudah menemukan bukti dan menunjukkan kiranya website energi nuklir teheran telah dialihkan ke arah lokasi militer, demikian catatan irna.