Pengungsi Dieng mulai pulang

badan penanggulangan bencana daerah (bpbd) banjarnegara, jawa tengah, pada hari ini mencatat bahwa sebagian besar pengungsi dalam dataran tinggi dieng mulai terserah pulang, pasca-gempa yang terjadi jumat (19/4).

berdasarkan pantauan kami pagi ini, sebagian pengungsi sudah mulai pulang. namun, ada juga yang masih bertahan selama pengungsian, papar kepala pelaksana harian bpbd banjarnegara tursiman, di posko siaga darurat bencana kawah timbang, kecamatan batur, banjarnegara, minggu.

sebagian pengungsi dan masih bertahan selama pengungsian, kata dia, adalah warga dan rumahnya mengalami kerusakan akibat gempa dan terjadi selama jumat malam 2012.

menurut dia, jumlah pengungsi dalam sabtu malam mengalami penyusutan dibanding malam sebelumnya dan lebih dari 5.000 pihak dan tersebar dalam tujuh website pengungsian.

Informasi Lainnya:

jumlah pengungsi tadi malam kurang lebih 3.000 orang, ujarnya.

salah benar pengungsi dari desa kepakisan, kecamatan batur, faturahman, mengemukakan kiranya keluarganya masih bertahan dalam tujuan pengungsian desa dieng kulon, kecamatan batur, bersama istri dan dua anaknya sambil menanti instruksi lebih lanjut dari pemerintah.

jika situasi sudah dinyatakan aman, dengan demikian dia siap menimbulkan pengungsian walaupun agar akan tetapi harus terserah di tenda darurat dan didirikan selama lapangan desa karena rumahnya rusak berat akibat gempa.

saya sesungguhnya sempat pulang ke properti, namun sekarang kembali lagi ke pengungsian sebab semalam, sekitar pukul 23.00 wib, terasa banyak gempa, tutur petani kentang serta sayuran itu.

menurut dia, banyak properti masyarakat desa kepakisan dan rusak berat akibat gempa dan terjadi di jumat malam.

oleh karena tersebut, dia mengharapkan, adanya bantuan daripada pemerintah guna memperbaiki rumah-rumah warga dan rusak.

statusnya telah properti pribadi, tapi bila ada santunan daripada pemerintah sudah tentu amat berarti kepada kami, katanya.

berkaitan melalui bantuan logistik di pengungsian, dia mengemukakan, tak mempermasalahkannya karena sudah tercukupi.

tinggal di pengungsian sudah tidak enak. namun, kami berterima kasih atas santunan daripada pemerintah serta masyarakat yang telah menerima juga menampung kami untuk akan tetapi waktu, ujarnya.

petugas pos komando (posko) siaga darurat bencana kawah timbang, andri sulistyo, menungkapkan kiranya pengungsi selama desa dieng kulon minta untuk dipulangkan ke desa tiap-tiap, semisal kepakisan juga pekasiran.

kami pagi ini mengirim tiga truk ke desa dieng kulon untuk memulangkan kaum pengungsi, ujarnya.