Korut pindahkan lagi dua peluncur rudal ke pantai timur

korea utara memindahkan lagi dua peluncur rudal ke pantai timurnya, web persiapan agaknya tengah diselenggarakan terhadap Salah satu uji silahkan rudal ketika ketegangan meningkat di semenanjung korea, tutur Salah satu catatan, ahad.

pyongyang diduga keras hendak melakukan Salah satu uji coba rudal bertepatan melalui perayaan agar memperingati kelahiran mendiang pemimpin serta pendiri korut kim il-sung di 15 april tetapi tak dilaksanakan.

militer korut pekan lalu memindahkan dua peluncur dan diperkirakan merupakan untuk rudal-rudal scud ke provinsi hamgyong selatan dalam timur-laut, kata kantor berita yonhap --yang mengutip pernyataan asli pejabat senior seoul.

kami tahu bahwa korut memindahkan dulu dua peluncur rudal (tel) ke pantai timur ... sesudah 16 april, pejabat itu menungkapkan juga menambahkan seoul juga washington memantau melalui cermat tujuan tersebut.

Informasi Lainnya:

seorang juru bicara kementerian pertahanan seoul tidak dapat langsung dihubungi agar mengonfirmasikan berita tersebut.

sebelumnya, korut dikabarkan memindahkan tujuh peluncur rudal ke daerah pantainya dan menghadapi laut timur (laut jepang) agaknya terhadap persiapan-persiapan Satu uji coba yang mau bisa memperbaiki lebih jauh ketegangan.

korut, yang marah atas sanksi-sanksi masih pbb sesudah negara itu melakukakn uji coba nuklir ketiga juga latihan militer gabungan as-korsel, dalam pilihan pekan menganggarkan ancaman-ancaman serangan rudal serta perang nuklir.

tetapi kendatipun ulang tahun kelahiran kim il-sung telah berlarut, asli juru bicara kementerian pertahanan, kamis, menyatakan bahwa kemungkinan uji coba dan menyertakan scud --yang memiliki jangkauan tembak lebih pendek, musudan --yang memiliki jangkauan tembak menengah ataupun rudal rodong berjangkauan tembak jauh tetap hendak dilaksanakan.

ada kemungkinan pada 25 april korut mau melakukan Salah satu peluncuran rudal, kata laporan tersebut, dan mengutip pernyataan kaum pejabat militer pada seoul. tersebut adalah ulang tahun terbentuknya militer korut.

musudan --yang diperkirakan sangt mungkin hendak diujicoba-- memiliki jangkauan tembak 2.500 sampai 4.000km, dan dapat mencapai korsel dan jepang dan bisa saja pangkalan-pangkalan militer amerika serikat di pulau guam, pasifik.

presiden as barack obama menungkapkan ragu menyangkut kemampuan korut tersebut, dengan menyatakan pekan lalu ia tidak yakin pyongyang memiliki Salah satu rudal dan dapat membawa Salah satu hulu ledak nuklir.