Iran: Korut dipaksa berkonfrontasi dengan AS

korea utara tak punya koleksi disamping berkonfrontasi dengan amerika serikat, yang semestinya disalahkan atas ketegangan di semenanjung korea, kata seorang jenderal iran.

ketegangan dalam wilayah itu disebabkan oleh desakan amerika serikat... serta pengetatan sanksi kepada korut, tutur wakil kepala staf angkatan darat iran, brigjen masoud jazayeri, seperti dikutip kantor berita fars, jumat.

sebagai resikonya, pemerintah korut tidak punya koleksi selain mengonfrontasi penampilan amerika serikat, katanya.

jazayeri dan menyalahkan kelompok pemicu perang dalam amerika serikat atas meningkatnya ketegangan tersebut.

Informasi Lainnya:

pyongyang, dan marah akibat sejumlah sanksi perserikatan bangsa bangsa serta gelaran latihan militer bersama as-korsel, telah mengeluarkan serangkaian ancaman perang nuklir terbuka pada pilihan pekan terakhir.

puncak ketegangan itu terjadi saat kantor berita yonhap, dan mengutip pejabat pemerintah korsel, menyatakan korut telah menyiapkan rudal jarak menengahnya dalam perangkat peluncur bergerak dan menyembunyikannya pada fasilitas bawah tanah tidak jauh pantai timur mereka.

jazayeri mendukung korut di memanasnya suhu dalam semenanjung korea tersebut dengan menyebut negara independen semisal korut tak sejalan dengan gaya petualangan amerika serikat

dia dan mengeritik pbb dan dianggap telah terpengaruh dengan amerika serikat dan membiarkan ketegangan menyebar dalam kawasan tersebut.

ketegangan di semenanjung korea telah meningkat sejak desember, ketika korut memulai launching roket jarak jauhnya.

jazayeri memberi selamat pada pyongyang atas launching itu, ternyata iran pada februari menyerukan pemusnahan semua senjata atom selama dunia sesudah korea utara mengumumkan percobaan nuklir terbesar mereka.

kita harus berada selama suatu kondisi dalam mana tidak banyak negara yang boleh memiliki senjata nuklir serta senjata pemusnah massal serta senjata nuklir mesti dihancurkan, papar jubir kemenlu iran, rahmin mehmanparast, pada saat tersebut.

pyongyang serta teheran mempunyai hubungan baik dari revolusi islam 1979. kedua negara tersebut menerima sanksi dewan keamanan pbb atas program rudal balistik serta pengayaan nuklir.

sebuah catatan sanksi pbb pada 2011 menyebutkan kiranya teheran dan pyongyang diduga berbagi teknologi rudal balistik, sementara tak banyak konfirmasi terpercaya dari kedua negara itu hingga ketika ini, demikian afp.