TKI mulai serbu Kanada

tenaga kerja indonesia, meliputi pembantu rumah tangga dan pekerja perkebunan, mulai menyerbu kanada, karena permintaan terus meningkat serta cukup besar. memang masih pekerja dalam sektor domestik.

awalnya, banyak masyarakat hongkong serta taiwan yang pindah ke toronto. pembantunya wni dibawa pindah ke situ. pada kemudian hari, prt indonesia pindah ke majikan yang lain di toronto.

mulailah mereka merekrut teman-temannya dari hongkong, taiwan juga indonesia agar berusaha di toronto ataupun propinsi yang lain di kanada, tutur konsul jenderal indonesia pada toronto, julang pujianto, minggu.

menurut dia, di kanada bisa pembantu pindah ke majikan lain, beda dengan negara lain, dalam antaranya malaysia, singapura, hongkong serta taiwan.

Informasi Lainnya:

selain itu, gaji pembantu pada kanada jauh lebih besar dibandingkan negara-negara penerima tki yang lain. gaji prt di kanada standarnya 10,5 dolar kanada/perjam. sama melalui rp100.000 per jam, ujarnya.

itulah yang mendorong prt dalam kanada baik teman-teman yang berusaha selama hongkong, taiwan serta selama indonesia agar bekerja dalam sini.

di kanada, perlindungan tenaga kerja amat kuat. majikan yang mesti membayari keberangkatan pembantu dari negaranya sampai ke kanada. pokoknya tak boleh ada beban uang pada pembantu, tegas konjen.

prt indonesia tetapi berhasil mengikuti hati majikan kanada. para majikan suka melalui prt indonesia sebab pekerja dan rajin, patuh dalam majikan dan ajaran, juga tak banyak komplain, kata pujianto.