Dua jenis pergerakan tanah di Majalengka

pusat vulkanologi dan mitagasi bencana geologi (pvmbg), badan geologi mengatakan banyak dua bidang longsoran dalam pergerakan tanah di kampung cigintung desa cimuncang kecamatan malausma, kabupaten majalengka, jawa barat, dan terjadi selama 15 april 2013.

ada dua bidang pergerakan tanah selama sini, pertama adalah jenis ialah bidang longsoran dan kedua ialah bidang gerakan tanah rayapan, tutur kepala pusat vulkanologi dan mitigasi bencana geologi surono, di bandung, surono, senin.

pergerakan tanah jenis longsoran itu, tutur surono, adalah longsoran dan menutup atau menimbun sawah seluas 6 hektar di kawasan tebingnya dalam kampung cigintung desa cimuncang kecamatan malausma, kabupaten majalengka, jawa barat.

sementara supaya pergerakan tanah bidang gerakan tanah rayapan terjadi dalam bawah tebing-tebingnya, katanya.

Informasi Lainnya:

ia mengatakan, pergerakan tanah rayapan ini mempunyai ciri-ciri gerakannya lambat berbeda dengan jenis longsoran.

menurut dia, pergerakan tanah bidang tanah rayapan ini serta terkandung di kawasan lainnya yakni dalam hambalang, kabupaten bogor serta kilomter 97 tol cipularang.

surono menuturkan, mengapa dalam sini rentan pergerakan tanah sebab selama kawasan itu terdapat jenis tanah lempung serta batuan formasi kaliwangi.

jadi di wilayah tersebut apabila kena air, dengan begini akan jadi bubur sehingga tanah bergerak. hal ini diperparah dengan ada pertanian lahan basah seperti sawah juga kolam ikan, katanya.

dikatakannya, kampung cigintung desa cimuncang kecamatan malausma, kabupaten majalengka itu termasuk ke pada zona pergerakan tanah menengah juga tinggi.

artinya daerah itu dapat terjadi pergerakan tanah terserah manakala curah hujannya tinggi dalam situ, katanya.