Kemenkes teliti wabah leptospirosis di Sampang

kementerian kesehatan (kemenkes) meneliti wabah penyakit leptospirosis, yakni bidang penyakit yang akibatkan dengan kencing tikus selama sampang, jawa timur, yang terjadi di sebulan terakhir ini.

menurut kepala dinas kesehatan (dinkes) sampang, firman pria abadi, jumat, penelitian dilakukan selama sejumlah lokasi pada kota sampang, terutama yang ada warga terserang jenis penyakit itu.

nantinya ingin dilakukan uji laboratorium, melalui lokasi supaya bidang penyakit ini dapat langsung ditanggulangi, tutur firman menjelaskan.

kedatangan rombongan kemenkes ke sampang ini, sebab jenis penyakit tersebut tergolong ganas, bahkan hingga ketika ini telah banyak enam yang sudah meninggal dunia. sebanyak 46 orang dalam lainnya masih dirawat selama rumah sakit.

Informasi Lainnya:

menurut firman laki-laki abadi, hingga ketika ini pihaknya selalu menggarap pemantauan ke sederat tujuan banjir dalam sampang dengan menerjunkan seluruh tim media, selama masing-masing puskesmas selama kabupaten sampang.

leptospirosis adalah penyakit akibat bakteri leptospira sp dan dapat ditularkan daripada hewan ke manusia serta sebaliknya (zoonosis).

jenis penyakit ini digemari serta dengan nama penyakit weil, demam icterohemorrhage, penyakit swineherd`s, demam pesawah (ricefield fever), demam pemotong tebu (cane-cutter fever), demam lumpur, jaundis berdarah, penyakit stuttgart, dan demam canicola.

leptospirosis adalah penyakit yang dapat ditularkan dengan air (water borne disease). urine (air kencing) dari individu dan terserang penyakit ini adalah sumber utama penularan, bagus selama manusia maupun selama hewan.

kemampuan leptospira agar bergerak dengan bersegeralah dalam air menjadi salah Salah satu faktor penentu utama dapat menginfeksi induk semang (host) yang masih. hujan deras hendak membantu penyebaran penyakit ini, khususnya di daerah banjir.

di indonesia sendiri, ujarnya, penularan paling sering terjadi melalui tikus di kondisi banjir.

sebab, keadaan banjir mendorong keberadaan perubahan lingkungan seperti banyaknya genangan air, lingkungan menjadi becek, berlumpur, serta ada timbunan sampah dan menyebabkan mudah lagi bakteri leptospira maju biak.